sbmptn & gap year.

helo folks! welcome to my blog. (iya yang kalian liat screenshot-nya di twitter zenius)



sebelumnya maaf telat nge-post karena lumayan sibuk ngumpulin berkas buat daftar ulang hehe, maklumi ya. oh iya karena lumayan banyak yg nge-DM, pertanyaannya kurang lebih sama jadi kurangkum disini yaa

btw ini ya list frequently asked question kalian

1. Tips belajar sbmptn & cara membagi waktu
2. Plus minus bimbel online vs bimbel offline
3. Penting ga sih gap year? ada pertimbangan khusus ga sih yang harus dipikirkan? Tips Gap year dong!
4. Nilai UTBK minimal buat masuk PTN ternama

aku bakal jawab satu-satu, semua jawaban disini adalah pure jawaban dari pengalaman yang aku tahu & aku lakuin, jadi difilter sendiri ya yang cocok dengan kondisi kamu :) jadi, silahkan disimak dengan baik yaa. (mau skip ke pertanyaan yang kalian pengen tau langsung jg gapapa sih, so enjoy)

okay, ke pertanyaan pertama ya. tentang belajar sbmptn

#1. Tips belajar SBMPTN dan membagi waktu

`-mengenali tipe belajar diri sendiri

kurasa, mungkin kalian udah sering banget membaca thread ataupun video youtube tentang tips and trick belajar sbmptn dalam waktu sebulan,seminggu, 3 hari, atau bahkan ga belajar sama sekali tapi lolos masuk ke ptn idaman. hmm, bukannya aku ngga setuju, tapi ada hal yang perlu kita ingat bahwa,sejatinya  manusia itu punya motivasi,kemampuan dan cara belajar yang berbeda-beda. ada orang yang makin bagus belajarnya kalo udah kepepet, ada yang kalo kepepet malah jadi panik. ada yang suka belajar di malem hari, ada yang kalo malem baca 2 lembar langsung mengantuk. ada yang suka belajar ditemenin musik dan cemilan, ada yang kalo ada bunyi/ distraksi/ gangguan dikit aja langsung buyar dan ga fokus sendiri. so, kalau bertanya bagaimana cara timelila belajar, maka dia akan menjawab ;
dia tidak menyukai distraksi. kalo belajar harus jauh dari keramaian, hp dalam kondisi airplane mode, makan dulu sebelum belajar tapi ga sampe kekenyangan tar ngantuk, dan yang rada unik; aku suka nyiapin satu kertas coretan kecil buat nulis hal-hal yang tiba-tiba kepikiran tapi ga relevan sama pelajaran. (misal tiba-tiba inget besok harus nyiapin fotokopi tugas lah, lirik lagu yang tiba-tiba terlintas lah, ide buat ngechat temen lah, pokoknya yang tiba-tiba gitu. jadi setelah aku tulis aku jadi tenang dan ga terlalu mikirin dulu hehehe)

`-membuat jadwal belajar yang baik

iya udah kok bikin jadwal belajar, tapi kategori baiknya gimana deh. ya namanya baik buruk itu sih tergantung masing masing orang sih. tapi bagiku, jadwal belajar yang baik itu adalah yang direncanakan secara matang dan dibarengin komitmen buat ngelakuin hal yang udah kita rencanain. biasanya aku mematikan hp 1 jam setelah bangun dan 1 jam sebelum tidur. lah buat apasi si timelila mah hobinya menyulitkan diri sendiri wkwkwkw. kalian ga harus ngikutin sih, cuma buatku, buka hp ketika bangun diiringi ngescroll ig, wa, line, twitter dan berbagai apps lainnya membuatku merasa ga produktif di pagi hari, dan membuat semacam pembenaran bahwa aku akan malas sepanjang hari itu. 

jadi biasanya aku luangkan waktu untuk mengatur jadwal tentang apa-apa aja yang akan dilakukan/ dipelajari minggu ini. (aku lebih suka mendistribusikan tugas/ pelajaran-pelajaran ku per minggu, bukan per hari) jadi misalnya minggu ini pengen belajar biologi di zenius 3 bab (sel, reproduksi sel, plantae) dan belajar kimia 3 bab (laju reaksi, kesetimbangan, kelarutan). nah aku terus bikin tuh durasi per materinya berapa lama, biasanya kalo di zenius app itu di pojok kanan atasnya ada waktu durasi belajarnya kan, yaudah deh tulis. misal sel 1 jam 25 menit, jadi bisa ngeluangin waktu dan ga merasa berat deh. iya dong, seminggu 168 jam, dipake 28 jam seminggu buat belajar gapapa lah ya. dengerin konsep-coba soal- dengerin konsep lagi. oh iya, aku pribadi sih prefer buat ga belajar terlalu banyak jenis pelajaran dalam seminggu kayak misalnya mencampur fisika + bio+kimia+mtk langsung. karena kalo aku pribadi suka panik sendiri kalo terlalu banyak dan kompleks pelajarannya. misalnya pas lagi belajar bio, tiba tiba keinget, iih aku masih belum lancar belajar mekanika gimana nih, terus buka materi mekanika, terus bingung, terus ke bio lagi,yaa ending-endingnya ga selesai-selesai deh di semua mapelnya. jadi malah jatohnya sayang deh. aku biasa memulai dari yang ku anggap mudah dan memastikan bisa jawab dengan benar.( aku suka bio,kimia, tps ada bahasa indonesia dan bahasa inggris).

 `-punya catatan
yang pasti akan menjadi pertanyaan berikutnya adalah, haruskah aku mempunyai catatan secantik studyblr dan membeli stationaries minimal sarasa dan muji? jawaban ku, tergantung. apakah itu membantu kamu mengulang pelajaran? kalau jawabannya iya, maka silahkan karena itu  sekaligus bisa jadi notebook-therapy buat kamu. kalau misalnya ngga, ya gapapa. ga harus dipaksa. tujuan utama catatan kan untuk membantu kita paham dan mengulang-ulang apa yang kita pelajari sebelumnya supaya ga lupa. punya catetan yang super aesthetic itu bagus, tapi tetep harus diinget esensi mencatat dan belajar itu sendiri. gapapa jangan dijadikan beban dan dan mempersulit diri kalau kamu memang bukan tipe seperti itu. dan buat kamu yang emang hobi nyatet cantik, hayu dibaca catatannya ya, foto-foto juga boleh buat bahan konten. ea.

oiya plus aku ada tips mencatat untuk pelajaran yang berkaitan dengan hitung-hitungan buatku yang ga terlalu interested sama angka hehe, aku suka nyontoh metode anak inten (walaupun bukan anak inten) jadi kamu siapin buku besar double folio bergaris, lalu kamu lipet dua bagian, sebelah kirinya kamu tempel soal, sebelah kanan kamu tulis pembahasannya.fotkop dan nempel soal bakal jauh lebih efektif buat ngereview daripada nulis ulang soal panjang. terus dengan soal ketikan gitu kita kayak dapet kaya sense soal ujiannya gitu. ini sangat berpengaruh buat aku ketika mempelajari materi yang mirip-mirip, tapi aku ga tau letak bedanya gimana. misal materi permutasi dan kombinasi. nanti begitu kita tempel banyak soal, bakalan kelihatan lama-lama, ooh ini karakteristik soal kombinasi nih, kalo yang ini permutasi nih. bisa bermanfaat juga buat fisika dan kimia. btw setau ku di zenius print out latihan soalnya juga udah kaya gitu kok, jadi ada kolom kosong di sampingnya buat nulis pembahasan. so, cmon dimulai

`-ngajarin temen
pernah terpikir takut ngajarin temen karena takut dia bisa terus nilai kamu lebih rendah dari dia? ooh kamu salah adik. ngajarin orang lain sama aja kita ngulang pelajaran dan memantau seberapa paham kita sama suatu materi. kalau kamu berhasil ngajarin temen kamu sampai dia paham, congratulations, kamu berhasil :), apalagi kalo temenmu ngajarin temennya yang lain lagi, makin banyak yang paham, kebayang betapa bermanfaatnya ilmu yang kamu miliki? bisa jadi dari hal baik seperti itu pula yang membawamu menuju rezekimu di ptn yang kamu idam-idamkan. so jangan males kalau ada yang minta jelasin ya, kalo perlu, habis kamu paham suatu materi dan lagi anget-angetnya tuh di otak, langsung tepon temen satu grup tuh bilang 'gengs ayo sini aku jelasin nanti aku lupa kalo ga ngulang ayo sinii dengerin aku' ya kayak gitu yaa wkwkw.

last but not least `-ikut tryout
ikut try out itu penting banget buat dilakuin bahkan ketika kamu bahkan belum punya persiapan apapun. baru naik kelas kek, atau belum ngulang kek, jangan pernah merasa kamu rendah dan malah ga try out sama sekali. malah try out adalah cerminan hasil belajar kamu selama ini, sudah seberapa persenkah? jangan terlalu ambil pusing kalau memang peringkat TO ga setinggi temen-temenmu. it's all about you vs yourself yesterday. belajar dari kesalahan. it's always better an oops than a what if. mending salah sekarang daripada salah pas ngerjain sbmptn. kamu bisa ikut tryout yang diselenggarakan di kotamu, atau ikut TO online seperti yang di eduka. semangat semangat.~

okay, kurasa cukup untuk tips belajar sbmptn maupun mandiri lainnya. the point is to get things done. karena rencana yang super bagus untuk esok hari akan tetep kalah sama tugas baik yang kamu sudah laksanakan hari ini. semangat belajar & berstrategi, selalu jadi versi yang lebih baik dari dirimu yang kemarin ya! aku percaya kalian bisa kok.

  #2. Bimbel online vs Bimbel offline. Belajar online di zenius, cukup ga sih? Kakak ada ikut bimbel konvensional kah? kalo ada, bimbel dimana?

okay, aku bakalan menjawab pertanyaan ini. Sebelumnya, ya, aku ikut bimbel konvensional. aku bimbel di Neutron Yogyakarta mengambil kelas alumni. Ooh, pantes lulus, ikut bimbel luaran jugasih. Oop tidak semudah itu ferguso. hehe ingat ya Bimbel itu pada hakikatnya adalah sebuah fasilitator. tentang bagaimana hasil yang akan kita dapatkan itu tergantung usaha kita sendiri. aku ga memungkiri bahwa bimbel secara konvensional juga memberikan dampak yang cukup besar buat belajar. so, aku akan me-reveal tentang +- belajar online dan offline.

Bimbel online (zenius)

Kelebihan
+ Materi lengkap banget, diajarin konsep sampai paham banget, banyak kumpulan soal baik sbmptn,mandiri dan usm stan, review-an pelajaran yang wagilaseh tidak hanya bikin kita rajin belajar, tapi juga mengubah mindset kita tentang belajar itu sendiri. apalagi di bagian zenius framework learning. keren banget. thanks, Bang Sabda! bahkan aku berani jamin bahwa materi yang disampein oleh tutor zenius setara- bahkan jauh lebih dalem daripada di bimbel-bimbel konvensional lainnya.
+ Bisa belajar dimana aja, asalkan ada hp dan koneksi intenet, jadi gaperlu alasan mager pergi ke tempat bimbel
+Murah cuy, ini sih, dengan harga yang asli jauh banget dibandingin sama bimbel konvensional, zenius emang keren banget sih.

Kelemahan
- Kamu harus mengatur dan komitmen sama jadwal belajar kamu sendiri, bahkan ketika gaada yang mengawasi kamu. Kalo tiba-tiba males dan gapunya temen seperjuangan, ya jadi bahaya deh. (Ini bukan kelemahan di zeniusnya sih sebenernya, tapi lebih ke tingkat kamu mau komitmen aja, karena belajar sendiri itu pasti ada masa-masa jenuhnya) 
- Kadang kalo bingung, ya ngga bisa nanya secara langsung sama guru kaya di bimbel konvensional gitu deh.

Bimbel Konvensional (Neutron)

Kelebihan
+ Kalo kita ikut kelas alumni, vibes belajarnya tuh dapet banget! semua kita bareng-bareng temen seperjuangan saling bantu-membantu. bahkan aku sama temen-temenku dateng dari itu bimbel belum buka, pulang sampe itu bimbel udah tutup. wkwkw .Jadi kalo kita males ada yang ngingetin,saling ngajarin,doain,  pokonya kayak keluarga baru deh.
+ Bisa nanya-nanya langsung sama tentornya, ada fasilitas ruangan yang nyaman lah buat belajar.
+ Karena ada jadwal, dan karena mahal dan tidak mau rugi, makanya kita jadi lebih ada tekanan/ pressure buat belajar. terus biasanya tiap akhir minggu juga ada program sejenis TO bareng gitu deh, jadi bisa liat posisi kita dibanding temen-temen kita gimana.
+ ada trik khusus dan prioritas bahan materi yang biasa keluar di seleksi.
+ ada fasilitas yang memang membantu deh, misalnya ada test minat bakat dan konsultasi jurusan.

Kelemahan
-Lumayan mahal,(ya tapi kalo dibandingin sama biaya kuliah di swasta mungkin belum segitunya kali ya, gapapa lah ya itung-itung investasi kalau kamu ada luang dana gaada salahnya kok menyisihkan uang untuk pendidikan)
- Kalo kita ga serius belajarnya,asal dateng doang, bolos-bolos, dan ga memanfaatkan fasilitas buat belajar tambahan sama tentor ya sayang aja sih. emang bimbel konvensional bisa kubilang ga cocok buat kamu yang gasuka diatur belajar.( tapi buat aku yang seorang procrastinator alilas tukang nunda-nunda, bimbel helps me a lot buat belajar.)

Jadi kesimpulannya, keberhasilan belajar itu balik lagi ke diri kamu sendiri. Entah itu di rumah atau di bimbel, asalkan kamu sungguh-sungguh pasti berhasil insyaAllah. bimbel itu hanya bagian dari proses pembelajaran kamu, jangan berpatokan bahwa anak yang bimbel mahal pasti sukses, ya, gagitu juga sih. Kalau kamu ada kesempatan bimbel online dan offline sekaligus, boleh banget diambil untuk mengisi kekurangan satu sama lain. tapi kalau ikut salah satunya juga ga masalah sih, yang penting strategi belajar dan usahanya jangan kasih kendor! buat yang pengen bimbel online doang, jangan lupa mutualan sama temen yang sevisi-misi ya biar bisa semangat terus. goodluck!


okay, lanjut ya, ke pertanyaan yang membuat aku dikeroyok massa. wkwkw, gimana sih cara aku belajar sbmptn, ingat ya, ini caraku, mungkin caramu sama denganku dan bisa diaplikasikan atau kalau beda pun gapapa, mungkin bisa jadi pandangan baru. so kuy, disimak!


#3  gap year, perlu ga sih?


akhir-akhir ini istilah gap year emang lumayan sering digunain. khususnya buat yg baru aja lulus SMA dan belum menentukan apa yang mau dilakuin setelah lulus. gap year adalah sebuah istilah buat mengambil waktu untuk merefleksikan diri tentang apa yang akan kita lakukan setelah selesai sekolah/rutinitas lainnya. berdasarkan pandangan orang banyak yang  masih kurang aware masalah gap year, banyak yang menganggap keputusan buat ngambil gap year ini adalah keputusan yang terlalu berani, aneh, buang buang umur, waktu, dan uang. tapi pada kenyataannya bener ga sih itu? kalo aku disuruh jawab, maka jawabanku adalah bisa jadi bener, bisa jadi salah.

Kenapa gap year bisa jadi keputusan yang tepat? karena pada dasarnya memilih jurusan kuliah yang mencerminkan apa yang akan kita lakukan setidaknya 5 tahun lagi, atau seumur hidup kita itu pasti bukanlah pilihan yang mudah. Apalagi bagi kita yang belum mendalami jurusan yang kita inginkan, hanya karena denger-denger sih bagus tuh, entar lulusannya bakal dapet uang banyak, ga terjamin tuh lulusannya, mana happy sih belajar mtk terus kaya gitu dan lain sebagainya. Apabila kamu mengalami hal-hal tersebut dan terus bertanya tentang kebenaran jurusan kamu, maka ada baiknya bagi kamu untuk mengambil rehat sejenak dari aktivitas ruwet kamu. take your time, take as long as you need.memang ga harus setahun kok. bahkan beberapa jam seminggu khusus untuk merefleksikan keinginan dan cita cita cukup untuk jadi bahan bakar kita belajar seterusnya. pertimbangan dari orang tua juga penting loh, walaupun aku tau dalam beberapa kasus ada orangtua yang memiliki harapan khusus bagi anak-anaknya, tapi gaada salahnya juga untuk membicarakan baik baik tentang apa kemauan kamu kedepannya dan mempertanggungjawabkan pilihan kamu. (temenku yang kebetulan lahir di keluarga yang cukup 'strict' sama pilihan jurusan sampai bikin power point untuk menjelaskan +- jurusan yang dia inginkan, peluang kerja, masa depan dan hal berkaitan lainnya). Walaupun kita belum tahu hasil akhirnya gimana, tapi yang penting kita sudah berusaha menjelaskan sejelas-jelasnya.  terkadang mungkin orangtua tidak setuju karena memang belum paham aja sama pekerjaan yang saat ini udah banyak berkembang dan gaada zaman dulu. misal; data scientist, social media influencer, selebgram, ui/ux designer & banyak lagi. so, yep. kita memang butuh waktu untuk mencerna dan mempertimbangkan jurusan. Buat kamu yang merantau buat bimbel pas gap year, oke juga loh buat belajar mengatur kondisi finansial dan belajar hidup mandiri. (pengalamanku hehe), oh iya

tapi, Gap year juga bisa jadi salah/ tidak berhasil apabila kita ngga memprioritaskan masa depan kita. Kalau kita salah pilih teman, yang ngajak jalan dan liburan mulu, ikut bimbel tapi cuma sekadar dateng-absen-pulang, main terus, dan menjustifikasi kemalasan kita dengan terus bilang 'ah inimah sistemnya aja nih, bikin susah.' 'hah masa waktu ngerjainnya cuma segitu,mana cukup' , dan memikirkan hal lain yang emang gabisa kita kendalikan. oop, berhati-hatilah sayang. menunda satu tahun itu tidak  menjamin kamu akan lulus di tahun berikutnya, tapi yang pasti usaha & waktu yang kamu curahkan secara maksimal melebihi tahun pertama kamu sudah pasti akan meningkatkan peluang bagi kamu untuk lolos di pilihan terbaik, yang mungkin kamu ragu di tahun sebelumnya.

Jadi ibarat dua mata pisau, kamu harus pandai-pandai mengatur dan mengelola dirimu sendiri. belajar lebih mengenal apa yang sebenarnya kamu inginkan, dan berusaha lebih maksimal supaya mendapat hasil yang terbaik.

yaudah kak, jadi gimana nih kalo aku pengen gap year. any tips?

kalau menurutku, ada beberapa tips yang perlu disiapkan, yaitu ;

1. Niat, kamu harus menyiapkan niat yang bener buat ngambil gap year. usahain bikin komitmen tentang apa yang akan kamu lakukan di satu tahun kedepan. (mine was, mempelajari jurusan yang aku pengenin, belajar di bimbel yang bener, kalau bisa dapet beasiswa buat tahun depan; Alhamdulillah, niatku terkabul dengan mendapatkan beasiswa full OSC Medcom di desember 2018.), dan berhenti memikirkan pertanyaan tante ketika lebaran kok nganggur he he he.

2. Cari temen, percayalah guys, hidup berbulan bulan hanya belajar kalau ga ditemenin sama temen seperjuangan akan menjadi super bosen dan nge-malesin. endingnya jadi nurunin efektivitas belajar kita. so, mencari teman seperjuangan yang bisa saling ngingetin itu adalah modal.

3. Bikin list kegiatan, kurangi kegiatan yang ga relevan sama masa depan kamu. Bisa start dengan bikin rencana belajar, nyobain freelance (tapi aku ngga sih), belajar keterampilan baru (alat musik, bahasa, gambar), atau mungkin volunteering bisa jadi pilihan.

4. Action, sebaik-baiknya rencana, adalah rencana yang dilakukan. kalo kamu masih menghabiskan hampir seluruh harimu nontonin youtube tentang tips belajar, hm, bukannya salah sih, tapi jangan lupa dijalankan juga ya tips belajarnya, semangat!

5. Manfaatkan waktu, kamu punya kira-kira 50 minggu ketika gap year, iya jangan lupa memanfaatkan waktu gap year-mu buat ngelakuin hal-hal yang kamu belum bisa lakuin sebelumnya, buat berdoa dan minta diberikan petunjuk dan pilihan terbaik buat kamu, buat ngabisin waktu kumpul sama keluarga.

okay, kira-kira begitu deh tips gap year yang bisa ku kasitau berdasarkan pengalamanku.


 lanjut ke pertanyaan terakhir dan luamayan banyak juga ditanyain nih, so

#4. Berapa nilai UTBK minimal buat lolos di PTN ?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang bahkan tidak bisa dijawab bahkan oleh pimpinan universitas hehehe. Untuk para adik-adikku, ada tipe penilaian dan kriteria dari para PTN tertentu dan kita sebagai khalayak ramai juga tidak tahu nilai minimal yang dikategorikan aman. setiap tahun, flow peminat ke berbagai universitas sangat mudah berganti-ganti. seperti ambil contoh ada universitas yang tahun lalu peminatnya banyak, ada asumsi yang mengatakan, oh mungkin tahun ini bakal contra-flow nih, pada ga berani ambil di universitas tersebut, eh ternyata malah makin rame, sehingga batas bawah diterimanya pun jadi meningkat. atau ada yang memilih universitas dengan peminat sedang, tidak terlalu ramai, tapi tetap ada kemungkinan yang tidak kita harapkan. Jadi, yang bisa kita lakukan adalah belajar sebaik mungkin, jangan menyepelekan salah satu subtes (tetep belajar tps juga, karna ada denger rumor pembobotan yang mengambil porsi tps lebih tinggi daripada porsi tka), tapi secara pribadi aku juga gatau bagaimana proses penilaiannya. Jadi, perbanyak berdoa yaa, insyaAllah  kalo udah rezekimu ngga akan tertukar kok hehe. semangat terus yaa, kalo cape istirahat, besoknya lanjut lagi, semoga dimudahkan yaa.


nilai utbk kedua (25 Mei 2019)

nilai utbk pertama (14 April 2019)


Baik, segini dulu yaa pembahasanku mengenai sbmptn 2019. :) terimakasih bagi yang udah menyempatkan membaca tulisanku ini. maaf jika banyak kekurangan dalam penulisannya, tapi yang penting semoga bermanfaat yaa. If things are meant to be, it will be. Oh iya, jangan lupa doakan aku yaa hehe, baru memulai masa-masa maba nih, dan besok mau registrasi ulang. doakan semoga lancar yaa. aku juga mendoakan kalian semua yang membaca ini, May Allah blessed every step we take yaa. semoga dilancarkan segala urusannya, dikabulkan cita-citanya, bisa selalu bermanfaat bagi orang banyak, dan yang pengen kuliah di UI, ditunggu yaa! p.s. kalo mau nanya-nanya silahkan DM di twitter-ku @timelilaa


Jakarta, 16 Juli 2019 2.20 a.m




Vallery Violila

Comments

  1. Sorry Lel baru sempet baca nih, padahal udah dari kemarin aku tau kalo ko post tips sbmptn beginian:'). After i read those tips and the answers of faq(s) i can relate semua hal yang ko lakuin! Yang intinya itu belajar mengenali diri sendiri, paham dengan apa yang kita butuhin, dan apa yang kita sukai. So, dear readers, ini ada tips yang bagus banget dari Timelila mengenai persiapan selama gapyear utk sbmptn, find out what u like, kalo sama dengan punyanya Timelila silakan ikuti dan jangan lupa ACTION! Tapi kalo ga sama jangan paksain, karna nanti bakalan ribet sendiri. Selamat belajar ya dan jangan pernah patah semangat! Untuk Timelila, selamat my dear, you deserve it! I'm so proud of u!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakak sorry baru bales I thought I've answered it ternyata belum... thankyou yaa udah baca juga blog-ku; and for the shoutout hehee. alhamdulillah, thankyou for your endless support, I'm proud of you always & so blessed to have an endless support system like you, Kak :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

recall.

20 years old; Lesson learned